Pengertian Website
Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang
umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio,
video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal,
organisasi dan perusahaan. Dari pengertian website tersebut dapat dibedakan
menjadi 2 yaitu web bersifat statis dan dinamis. Bersifat statis apabila isi
informasinya tetap dan isi informasinya hanya dari pemilik website sedangkan
web yang bersifat dinamis apabila isi informasinya selalu berubah-ubah dan
dapat diubah-ubah oleh pemilik maupun pengguna website. Contoh web statis :
website profil perusahaan, sedangkan contoh web dinamis seperti facebook,
twitter dll.
REVIEW
WEBSITE BUKALAPAK
Memasuki tahun awal tahun 2018, industri berbasis teknologi dan
informasi menjadi trend saat ini. dan menandai sebagai revolusi industri 4.0
dimana Industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia,
mesin dan data, semua sudah ada di mana-mana. Istilah ini dikenal dengan nama Internet
of Things (IoT). Revolusi industri 4.0 menekankan pada kemampuan Artificial
Intellegent (kecerdasan buatan) sehingga kemunculan super komputer, robot
pintar, kendaraan tanpa pengemudi, editing genetik dan perkembangan
neuroteknologi yang memungkinkan manusia untuk lebih mengoptimalkan fungsi
otak. dari hal itu munculah perusahaan perusaan yang berbasis teknologi, mulai
dari perusahaan yang sedang merintis atau startup dan yang sudah menjadi besar
atau unicorn. pada kesempatan kali ini saya akan mereview. unicorn besar di
indonesia yaitu Bukalapak. Perlu diketahui bahwa saya bukan bermaksud
untuk mengkritik , menilai baik atau tidaknya sebuah website suatu
perusahaan yang saya review. review ini berdasarkan dengan apa yang saya
rasakan dan beberapa kemudahan yang saya dapatkan pada saat menggunakan website
tersebut. karena UX bukan hanya berbicara masalah tampilan teknis namun
berbicara tentang bagaimana pengguna dapat dengan mudah dan nyaman. menggunakan
aplikasi tersebut.
UX Designer: Orang dengan keahlian disain, berkolaborasi utk
produk yang lebih baik dgn mencari ‘sweet spot’ antara
pengguna-bisnis-teknologi.(Borrys hasian – Director of Design, International at
Singtel.)
BUKALAPAK
Bukalapak merupakan salah satu marketplace terkemuka di
indonesia dengan citra mengangkat UMKM atau sarana jual beli dari konsumen ke
konsumen. Bukalapak sendiri didirikan oleh mas Achmad Zaky pada tahun 2010.
berawal dari kos kosan kecil hingga saat ini memiliki kantor sendiri di bandung
dan jakarta. pada tahun 2017 bukalapak telah menjadi salah satu uncorn dari
indonesia. seiring berjalanya waktu bukalapak bertransformasi dari tampilan
lama 2010 hingga 2019.
Tampilan 2010 sumber : Twitter mas Achmad
Zaky https://twitter.com/achmadzaky/status/1081213394919673856
Tampilan Bukalapak 2019
Design Interface, Layout
Seperti yang kita lihat dari gambar di atas
bukalapak sendiri sudah berevolusi tampilanya yang awalnya mempunyai style
vintage atau lawas dengan konsep design skeuomorphism dengan warna warna gradasi seakan
menciptakan ruang. namun style ini mempunyai kelemahan coding yang lebih banyak
dan membuat load website menjadi lebih lambat di banding style yang saat ini
yaitu model flat design. cenderung lebih sederhana namun disini sisi UX lebih
di tekankan. tidak hanya cantik dari segi visual namun juga dari sisi pengguna
lebih di mudahkan untuk menggunakan aplikasi Bukalapak. menurut Borrys hasian (Director
of Design, International at Singtel.) UX adalah “Craft user value and visualize
user flows into beautiful, testable product designs. Craft user value”. (Membuat produk yang bermanfaat dan
memvisualisasi user flows menjadi disain produk yang teruji dan indah.).
Header dan Menu Utama
pada bagian header bukalapak sudah mencitrakan sesuai dengan
warna bukalapak sendiri yaitu dominan merah. dengan menu menu yang terbilang
padat namun kita masih dapat mengorganisasikan bagian satu dengan bagian yang
lain. pada penggunaan font sangat jelas sekali. namun dari hal yang saya
rasakan adalah. saya harus berfikir beberapa detik untuk menemukan menu yang
akan saya cari.
Content Section
Pada bagian content saya menemukan hal yang unik dimana bagian
popular justru ditempatkan dibawah menu pembelian produk digital dari Bukalapak
sendiri. asumsi saya bahwa produk digital dari bukalapak lebih sering dicari
pelanggan ketimbang produk populer atau promo menarik bukalapak. saya sendiri
juga lebih sering menggunakan produk digital tersebut dibanding membeli di
marketplace karena tidak perlu memikirkan ongkir. namun pada page ini saat di
buka bagian bawah sudah terlihat pada layar resolusi 1366px x 768px sehiingga
pengguna otomatis akan melakukan scrolling kebawah. untuk menemuka promo yang
sesuai dengan mereka atau flash deal maupun produk yang di featured oleh
Bukalapak. karena terlalu padat saya cenderung bingung untuk mencari promo yang
sesuai dengan saya di tambah lagi dengan warna merah membuat sedikit lebih capek
mata kita juka terlalu lama melihat website tersebut. dari segi konsistensi
style mulai dari tombol, icon dan button sudah sangat seragam.
Footer Bukalapak
pada bagian footer bukalapak sendiri terdapat menu menu feature
bukalapak bahwa menyatakan bukalapak adalah toko online yang aman dan
terperacaya. kemudian pada bagian bawah terdapat menu dukungan pembayaran dari
bukalapak sendiri dari menu diatasa tergolong sangat lengkap sehingga pengguna
dapat membayar sesuai dengan merchant yang mereka miliki. dan pada bagian menu
footer sangat tepat sekali menambahkan border kotak. karena menu tersebut yang
sangat sering di gunakan pengguna saat kebingungan menggunakan bukalapak
termasuk saya.
Konten Website
konten dari bukalapak sendiri tentu saja sudah sangat dipikirkan
oleh tim developer bukalapak sendiri atau lebih khususnya pada UX Copywriter
team. bahkan kolom pencarian, headline, error notification sudah sangat
difikirkan. tentu hal ini sudah tidak relevan lagi jika kita bahas disini.
tentu saja sangat layak dan sudah sangat cukup untuk pengguna mendapatkan
informasi yang diperlukan.
Kecepatan Akses Website
kecepatan akses bukalapak melalui PageSpeed
Insight – Google
Pada benchmarking kecepatan Bukalapak sendiri
tergolong lambat jika di akses dari luar negeri dengan angka 38 yang menyatakan
bahwa nilai tersebut adalah slow(pelan). kali
ini saya tidak dapat mengatakan data tersebut benar adanya karena data tersebut
di akses melalui luar negri. dan hal ini juga berpengaruh dengan kecepatan
server yang berada di indonesia atau saya mengatakan test benchmarking
tersebut. namun yang saya rasakan sendiri Bukalapak masih tergolong cepat jika
diakses dengan menggunakan ISP Indihome.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar