Hubungan Timbal
Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja) Dengan adanya metode atau tata
kerja dalam organisasi sehingga pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan
kerja, dengan lebih terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang
melakukan kerjasama dengan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya
dan tepat dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga hubungan
timbale baliknya juga sangat baik. Penggambaran diatas telah jelas memberikan
keterangan bahwa Organisasi, Manajemen, dan Tata Kerja ( Metode ), bila
semuanya terurut dan dilaksanakan dengan benar, maka secara otomatis suatu
tujuan Organisasi pun akan tercapai
Untuk
hubunganya sendiri manajemen organisasi serta tata kerja memiliki hubungan yang
sangat erat. Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya perlu manajemen yang
baik. Begitupun sebaliknya untuk mendapatakan manajemen yang terbaik diperlukan
sebuah organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu
bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh
organisasi. Walaupun sudah memiliki organisasi serta manajemen yang baik masih
dibutuhkan satu lagi sebagai pelengkap yakni tata kerja. Tata kerja sendiri
dimaksudkan sebagai alat yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai
tujuanya. Tanpa adanya tata kerja yang tepat maka manajamen yang telah dibuat
tidak akan maksimal sehingga apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.
Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan. Apabila organisasi, manajemen dan tata
kerjanya dilakukan dengan kerja sama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan
waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terkoordinir sesuai
dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat
hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika
dilakukan sesuai dengan tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling
menguntungkan untuk ketiganya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar