Sebuah
perusahaan terdiri dari banyak orang dengan berbagai latar belakang sosial dan
profesional berbeda yang bekerja untuk tujuan yang sama. Pentingnya komunikasi
di tempat kerja memang tidak dapat disangkal. Manajer kerap kali tidak
menyadari pentingnya komunikasi di tempat kerja dan tidak menyampaikan ide,
tujuan, dan visi perusahaan dengan jelas. Ketika para senior tidak dapat
menciptakan lingkungan yang terbuka dan kurang mampu berkomunikasi dengan
jelas, maka hal ini memberikan dampak negatif pada budaya kerja dan
produktivitas karyawan.
Saat
minimnya proses berbagi informasi antara dua atau lebih individu di dalam suatu
perusahaan, maka pemborosan sumber daya akan sering terjadi. Untuk menghindari
hal tersebut, komunikasi yang efektif di tempat kerja harus didorong demi
keberhasilan perusahaan secara menyeluruh. Saran yang konstruktif dan
komunikasi sangat diperlukan untuk memberikan kemajuan dan meningkatkan
kualitas karyawan. Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau
berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Berikut adalah peran komunikasi dalam suatu organisasi di tempat kerja.
1. Meningkatkan produktivitas Komunikasi yang
efektif di tempat kerja hal yang paling penting bagi keberhasilan sebuah
perusahaan. Setiap perusahaan memiliki seperangkat tujuan yang jelas.
2. Menyelesaikan
konflik Jika sebuah perusahaan mnghadapi masalah, krisis dan konflik akibat antara
karyawan menyebabkan penundaan ekerjaan sehari-hari. Hal ini menyebabkan
pemborosan sumber daya dan menurunkan produktivitas kerja secara keseluruhan.
Komunikasi yang terbuka di tempat kerja dapat mencegah dan menyelesaikan
konflik. Misalnya jika dua karyawan memiliki ketidak setujuan atas beberapa
masalah, maka konflik tersebut diselesaikan melalui diskusi bersama.
3. Mengembangkan
kualitas karyawan Lingkungan kerja yang ramah, memberikan kesempatan dan
dorongan pada karyawan untuk mengungkapkan ide-ide, memberikan umpan balik,
memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik, memberikan penghargaan merupakan
beberapa contoh komunikasi efektif yang dapat memberikan kepuasan kerja dan
peningkatan kualitas karyawan.
4. Membentuk hubungan
profesional dan lingkungan yang kondusif Karyawan dan manajer dalam suatu
perusahaan harus berkomunikasi secara jelas, terbuka, dan jujur. Manajer harus
membangun hubungan kerja yang menyenangkan sehingga karyawan tidak ragu untuk
menyelesaikan pekerjaan dan membentuk hubungan yang baik. Hal ini membuat
karyawan merasa peduli dan dihargai serta memberikan dorongan loyalitas
terhadap perusahaan.
Pentingnya komunikasi
di tempat kerja dapat diringkas dan disimpulkan menjadi dua kata, yaitu
kepuasan kerja. Jika karyawan puas bekerja dalam suatu perusahaan, fakta bahwa
masa depan perusahaan benar-benar terjamin tidak akan mampu disanggah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar